SABLON KAOS DAN INFO SEPUTAR SABLON

sablon kaos

Bagi anda yang ingin membuat pakaian kaos, pasti anda tahu bahwa salah satu daya tarik pada kaos adalah Sablon KaosAkan tetapi, tahukah anda mengenai seluk beluk dari sablon ini? Untuk anda yang penasaran dengan kegiatan sablon kaos ini, berikut ini adalah ulasannya.

Sejarah sablon kaos

Hal pertama yang akan kami bahas adalah mengenai sejarah dari cara sablon untuk kaos. Sablon untuk kaos merupakan salah satu cara atau variasi kegiatan sablon yang bisa ditemukan di dunia. Dahulu sablon ini tidak hanya digunakan untuk kaos tapi juga untuk kain dan material yang lain. Bahkan awal mula dari sablon ini dilakukan pertama kali untuk kain biasa.

Pertama kali kegiatan sablon ini dilakukan di Cina untuk memberikan gambar pada kain-kain yang polos. Penggunaan dari sablon ini awalnya di temukan pada tahun 600-an pada dinasti song. Setelah itu, baru kemudian teknik memberikan gambar pada kain ini menyebar dan dilakukan oleh negara-negara tetangga seperti Jepang dan negara Asia lainnya. Teknik sablon ini kemudian masuk ke Eropa pada tahun 1700an dan kemudahan berkembang hingga ditemukan ragam teknik lain untuk membuat gambar pada kain seperti sekarang ini.

Tinta sablon kaos

Ketika akan melakukan penyablonan, salah satu komponen yang sangat penting keberadaannya adalah tinta yang akan digunakan untuk membuat sablon kaos. Ketika anda akan menyablon, anda wajib menyediakan cetakan, tinta dan juga material yang akan di sablon. Tinta yang bisa digunakan untuk menyablon kaos ada sangat banyak jenisnya.

Jenis dari tinta untuk sablon kaos ini sangat banyak dan memiliki banyak kelebihan dan kekurangan. Masing-masing tinta memiliki karakter yang berbeda sehingga bisa dipilih sesuai dengan yang anda inginkan. Contoh dari tinta ini antara lain adalah :

·        Tinta Rubber

·        Tinta superwhite

·        Tinta plastisol

·        Dan masih banyak lagi yang lainnya.

Cara sablon kaos

Bukan hanya jenis tinta yang digunakan saja yang memiliki banyak jenisnya, akan tetapi cara menyablon kaos juga ada cukup banyak ragamnya. Cara Sablon Kaos ini antara lain adalah cara sablon kaos manual, DTG dan juga polyflex. Untuk anda yang ingin tahu lebih dalam mengani teknik sablon yang sudah kami sebutkan. Kami akan membahasnya lebih dalam di sub bab selanjutnya.

sablon kaos manual

Sablon manual

Cara sablon yang pertama yang bisa dilakukan adalah cara sablon manual. Cara sablon manual adalah cara sablon yang paling umum untuk dilakukan dengan menggunakan tenaga manusia. Jenis sablon ini merupakan jenis sablon yang bisa dibilang paling senior. Biasanya jenis teknik sablon ini memang memiliki cara pengerjaan yang lebih rumit jika dibandingkan dengan cara yang lainnya.

Selain lebih rumit, peralatan yang digunakan untuk membuat sablonan manual ini juga lebih banyak. Mulai dari print laser sebagai alat yang digunakan untuk membuat screen untuk mencetak dan peralatan untuk pengerjaan lainnya. Meskipun merupakan cara sablon yang paling primitif dan paling sulit untuk dilakukan, jenis teknik sablon ini merupakan jenis teknik sablon yang memiliki banyak kelebihan. Kelebihan yang dimiliki oleh teknik ini antara lain adalah :

·        Memiliki daya tahan yang lebih lama tergantung dengan tinta yang akan digunakan

·        Memiliki banyak varian tinta

·        Memiliki banyak gaya atau model hasil pencetakan

·        Memiliki warna yang solid dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dari kelebihan yang dimilikinya ini, cara sablon manual ini masih menjadi salah satu cara sablon yang paling banyak diminati oleh konsumen. Hal inilah yang menyebabkan teknik sablon ini masih lestari hingga saat ini.

Lalu bagaimana dengan kekurangannya? Untuk kekurangannya, salah satunya adalah mengenai harga. Karena banyaknya alat yang diperlukan dalam pembuatannya, maka biaya yang diperlukan dalam pembuatannya juga lebih besar. Hal inilah yang menyebabkan pencetakan sablon manual untuk jumlah yang sedikit lebih mahal dibandingkan dengan pencetakan dengan kuantitas yang tinggi.

Sablon DTG

Jenis teknik sablon lain yang juga banyak dipergunakan saat ini adalah jenis sablon DTG. Teknik sablon DTG merupakan teknik sablon yang memiliki kelebihan dari segi harga berkebalikan dengan teknik sablon manual. Teknik sablon DTG ini merupakan teknik sablon yang dilakukan dengan menggunakan bantuan mesin cetak. DTG sendiri merupakan singkatan dari Direct to Garment. Pencetakan dengan menggunakan teknik ini merupakan pencetakan yang dilakukan dengan mesin printer yang bisa langsung mencetak ke kain.

Jenis teknik sablon DTG merupakan jenis teknik sablon yang memiliki kelebihan dari segi biaya pembuatannya jika dilihat dari segi pencetakan satuan. Dengan menggunakan teknik sablon DTG, anda bisa membuat print kaos dengan menggunakan 1 model sablonan untuk 1 kaos. Hal ini disebabkan karena dalam pencetakannya semua proses dilakukan dengan menggunakan mesin sehingga tidak butuh banyak tenaga manusia. Selain itu, kelebihan lain yang dimiliki oleh teknik ini antara lain adalah :

·        Pengerjaan bisa dilakukan dengan cepat

·        Hasil cetakan memungkinkan untuk membentuk gambar 3 dimensi

·        Sangat cocok untuk usaha kaos custom atau untuk membuat kaos sendiri.

Sayangnya jika menggunakan teknik cetak DTG ini ada beberapa kekurangannya. Kekurangan yang pertama adalah mengenai harga untuk pembuatan produk jumlah besar. Harga pembuatan produk untuk jumlah besar dan jumlah kecil akan sama saja di teknik cetak ini. Selain itu, hasil cetakan juga tidak bisa dilakukan dengan variasi yang tinggi seperti yang bisa didapatkan pada hasil sablonan manual.

Selain itu, kekurangan lain yang dimiliki oleh teknik sablon ini bisa dilihat dari segi daya tahan tinta yang dimilikinya. Ketika anda menggunakan teknik sablon DTG, sablonan yang akan anda dapatkan mungkin tidak akan bertahan lama. Jadi jika anda sangat menyukai kaos anda tersebut, mungkin anda bisa mencoba membuat kaos lebih dari 1 sebagai ganti jika sablon kaos anda rusak.

Sablon Polyflex

Teknik sablon selanjutnya adalah teknik sablon polyflex. Teknik sablon ini merupakan teknik sablon yang dilakukan dengan menggunakan media flex, mesin sablon kaos cutting dan mesin pres. Jenis sablonan ini merupakan jenis sablonan yang banyak digunakan untuk membuat sablonan pada kaos sepak bola. Akan tetapi saat ini penggunaan jenis sablon ini sudah mulai meluas.

Jenis teknik sablon ini memiliki beberapa kelebihan. Kelebihan yang dimilikinya sesungguhnya cukup mirip dengan kelebihan yang dimiliki oleh teknik menual yaitu mengenai daya tahan hasil cetakannya yang lebih tangguh dan juga mengenai sablonannya yang dapat menghasilkan warna yang lebih solid.

Akan tetapi jika dibandingkan dengan sablon manual, sablon ini memiliki keuntungan lebih lagi dari segi kecepatan pembuatannya. Dilihat dari kecepatan pembuatannya, teknik sablon ini mirip dengan teknik sablon DTG karena selain bisa digunakan untuk membuat sablon dalam waktu yang singkat, teknik sablon ini juga bisa digunakan untuk membuat sablonan dengan jumlah 1 Sablon Kaos saja.

Metode sablon yang digunakan di RumahSablonKaos.com adalah sablon manual, dengan minimal order 1 lusin/ design untuk sablon rubber dan 3 lusin/ design untuk sablon plastisol.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Chat Kami