Sablon Rubber dan Jenis Tintanya

sablon rubber

Sablon Rubber adalah salah satu jenis sablon yang dibuat dengan menggunakan tinta berbasis air. Seberapa bagus hasil sablon dari tinta rubber ini? Untuk anda yang penasaran berikut ini adalah ulasannya.

Apakah Sablon Rubber?

Rubber dalam bahasa Indonesia artinya adalah karet. Lalu apakah sablonan ini dilakukan dengan menggunakan tinta karet? Ya, sablonan yang dihasilkan dengan menggunakan tinta ini memang memiliki sifat yang mirip dengan karet atau Rubber. Sifat tersebut adalah mengenai elastisitas yang dimilikinya. Sablon Rubber memiliki elastisitas yang sangat tinggi jika dibandingkan dengan tinta sablon yang lainnya.

Uniknya lagi, jenis sablon ini merupakan jenis sablon yang termasuk dalam tinta water base atau memiliki dasar air. Nah, meski memiliki dasar air, tinta ini tidak mudah rusak meski terkena panas sehingga tidak mudah pecah-pecah meski sudah digunakan dalam waktu yang lama. Hal ini merupakan salah satu kelebihan yang dimiliki oleh sablon kaos yang dihasilkan dengan menggunakan tinta Rubber.

Selain kelebihan mengenai daya tahan yang dimilikinya, sablon yang menggunakan tinta Rubber ini juga memiliki kelebihan dari segi banyaknya pilihan tinta yang dimilikinya. Beberapa jenis pilihan tinta tersebut antara lain akan dibahas pada sub bab selanjutnya.

Berikut ini adalah video di workshop RumahSablonKaos.com sedang proses pengerjaan sablon rubber.

Tinta rubber Matsui

Tinta rubber matsui adalah prodak tinta dari negeri Sakura. Banyak distro dan tempat sablon di Jakarta Selatan menggunakan Tinta matusi pada kaosnya. Matsui memang merupakan salah satu jenis tinta yang paling banyak dipilih untuk membuat sablonan. Tinta ini lebih banyak dipilih karena memiliki banyak kelebihan. Salah satunya adalah karena daya tahan yang dimilikinya seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Akan tetapi selain itu tipe tinta ini juga masih memiliki kelebihan lain yaitu dari segi penampilannya. Penampilan yang dimiliki oleh hasil tinta Matsui ini sangat menarik dan terlihat lebih spesial. Hal inilah yang menyebabkan jenis tinta ini banyak diminati dan lebih banyak variannya

Matsui memiliki elastisitas yang lebih tinggi sehingga tidak mudah pecah ketika digunakan. Jenis tinta ini ada yang terdiri dari tinta putih, tinta warna dan tinta foam.

Untuk anda yang ingin tahu lebih dalam mengenai jenis tinta ini, berikut ini adalah ulasannya.

Tinta rubber warna

Tinta Rubber yang pertama adalah tinta Rubber warna. Tinta Rubber warna merupakan jenis tinta yang bisa digunakan untuk memberikan warna pada Sablon Rubber anda. Jenis tinta warna ini terkadang bisa dimiliki 3 warna saja jika ingin menghemat. Anda bisa hanya menggunakan warna dasar yaitu warna kuning, merah dan biru lalu membuat campuran untuk warna lainnya. Karena tinta Rubber ini merupakan tinta yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar air, maka untuk mencampurnya tidak akan terlalu sulit.

Tinta rubber putih

Jenis tinta selanjutnya adalah tint Rubber putih. Jenis tinta Rubber putih adalah jenis tinta yang wajib anda miliki. Hal ini disebabkan karena tinta ini merupakan tinta yang sangat penting jika anda ingin membuat sablonan di bagian permukaan kain yang gelap. Permukaan kain yang gelap akan sangat sulit untuk di sablon dengan menggunakan tinta berwarna. Oleh karena itu, sebelum proses penyablonan, maka dibuat dahulu dasaran berwarna putih sehingga hasil sablonan memiliki warna yang lebih jelas dibandingkan ketika langsung mencetak di kain gelap.

Karena fungsinya ini, penggunaan dari tinta Rubber yang memiliki warna putih menjadi sangat penting dalam pembuatan sebuah sablonan. Selain digunakan sebagai dasar, penggunaan warna putih untuk selain digunakan untuk dasaran juga bisa digunakan sebagai pengikat. Hal ini disebabkan karena tinta Rubber berwarna putih ini juga digunakan untuk mengikat tinta yang lain yang dicetakkan di bagian atasnya.

Tinta rubber foam

Jenis tinta Rubber yang terakhir adalah jenis tinta Rubber foam. Sesuai namanya, tinta Rubber foam adalah jenis tinta Rubber yang memiliki bentuk seperti foam. Hasil dari sablon tinta Rubber foam ini disebut dengan tinta foam karena memiliki hasil yang sangat mengembang seperti foam atau busa. Hal inilah yang menyebabkan jenis tinta ini disebut tinta Rubber foam.

sablon foaming

Lalu bagaimana jenis tinta ini bisa menghasilkan hasil seperti itu? Hasil tinta Rubber yang lebih mengembang ini bisa didapatkan dengan memberikan perlakuan khusus pada tinta tersebut. Tinta Rubber foam ini diperlakukan secara khusus yaitu dengan memberikan pemanasan pada tinta tersebut sehingga bisa mengembang dengan lebih maksimal.

Jenis tinta Rubber foam ini merupakan salah satu jenis kembangan tinta untuk sablon. Jenis tinta kembangan ini tentunya memiliki kelebihan dibandingkan dengan jenis tinta lainnya. Jenis tint ini memiliki banyak kelebihan. Salah satu kelebihan yang dimilikinya adalah dari segi penampilan yang dimilikinya.

Tinta Rubber foam merupakan jenis tinta Rubber yang memang memiliki tampilan yang sangat menarik. Tampilan hasil tinta ini adalah hasil sablon yang timbul.

Kesimpulan

Jenis tinta Rubber merupakan jenis tinta yang sangat populer saat ini. Hal ini disebabkan karena hasil sablonan ini bisa memberikan efek yang lebih menarik untuk kaos anda. Selain itu, jika anda membuat produk untuk dijual kembali, membuat produk sablon dengan menggunakan tinta foam ini bisa memberikan banyak keuntungan bagi anda. Hal ini disebabkan karena jenis tinta ini memiliki banyak kelebihan baik dari segi penampilan dan daya tahan. Apalagi penggunannya hanya bisa dilakukan di kain katun yang merupakan jenis kain yang paling banyak diminati oleh konsumen kaos polos di Indonesia.

Demikian ulasan yang bisa kami berikan mengenai Sablon Rubber semoga ulasan ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk anda yang masih bingung akan memilih jenis sablon apa untuk diproduksi di kain kaos anda. 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Chat Kami